Selasa, 13 Desember 2011

Lipitor Obat Penurun Kolesterol



Lipitor Obat Penurun Kolesterol. Obat penurun kolesterol Lipitor (atorvastatin) mulai awal Desember ini akan masuk ke dalam golongan obat generik. Obat golongan statin ini termasuk dalam obat yang laris dan cukup efektif.

Obat antikolesterol golongan statin yang sudah lebih dulu menjadi generik antara lain Zocor (simvastatin), Pravachol (pravastatin) dan Mevacor (lovastatin). Namun menurut Dr.Howard Weintraub, direktur klinik dari Pusat Pencegahan Penyakit Kardiovaskular, obat golongan statin tersebut tidak sekuat lipitor.

"Obat statin generik lainnya memang baik dan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), namun atorvastatin sedikit lebih kuat di atas obat generik statin lainnya sehingga sangat membantu pasien mencapai kadar kolesterol yang normal," katanya.

Tentu saja, para dokter harus memperhatikan interaksi obat Lipitor dengan obat lain karena kebanyakan pasien kolesterol tinggi juga mengonsumsi obat-obatan lainnya.
"Yang terutama adalah menjaga pola hidup sehat, yang berarti pola makan dan kebiasaan olahraga harus diperhatikan," kata Dr.Robert Ostfeld, ahli kardiologi dari New York AS.

Selama ini, atorvastatin dinilai masih mahal sehingga banyak pasien yang tidak meminum obatnya secara teratur, atau hanya mengonsumsi setengah dosis agar bisa dikonsumsi lebih lama. 

Para dokter jantung di Amerika menyambut baik keputusan generik Lipitor ini mengingat krisis ekonomi di negara tersebut membuat banyak pasien tidak mampu membeli obat.

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut